SLBN 2 Lombok Barat secara resmi menerima 7 mahasiswi dari jurusan Bimbingan Konseling Islamuntuk mengikuti program praktik kerja lapangan (PKL) yang diselenggarakan oleh Universitas Islam Negeri Mataram. Dimulai pada tanggal 4 September hingga 19 Oktober 2024. Program ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kerja langsung serta perluasan pengetahuan terhadap ilmu-ilmu di tempat kerja bagi mahasiswa.

Selama periode PKL yang akan berlangsung selama 45 hari, mahasiswa akan mengikuti jadwal harian sekolah, mulai dari pukul 07.30 hingga 13.00 setiap hari kerja. Adapun kegiatan-kegiatan tersebut yaitu terlibat dalam kegiatan belajar mengajar, mendampingi guru kelas, mendampingi dalam ekstrakulikuler pramuka, tataboga, membatik, pantomime, serta membantu siswa dalam beraktivitas sehari-hari di sekolah.  Tidak hanya itu, mahasiswa PKL diberikan kesempatan untuk membuat program kerja yang akan diberikan kepada siswa-siswi SLBN 2 Lombok Barat.

SLBN 2 Lombok Barat dipilih sebagai lokasi PKL karena memiliki fasilitas dan program pembelajaran yang sesuai untuk anak-anak dengan berbagai jenis kebutuhan khusus, seperti tunagrahita, tunanetra, dan tunarungu. Mahasiswa PKL tidak difokuskan untuk membantu mengembangkan bakat dan keterampilan khusus anak-anak, tetapi lebih kepada mendukung guru dalam kegiatan pengajaran harian. Peserta PKL akan mendapatakan pengalaman dalam menangani berbagai situasi di dalam kelas, termasuk cara berkomunikasi dan berinteraksi dengan siswa-siswi. Ini adalah kesempatan besar bagi kami untuk mengenal langsung tantangan dan keberagaman yang ada di SLB.

Kegiatan serah terima ini dilakukan oleh mahasiswa PKL yaitu, Iza Alviani, Siti Raehanun, Baiq Rahil, Farhu Isnaeni, Syarifa Satiana, Siti Lailatul, dan Tawadi’ah yang didampingi Dosen Pembimbing Lapangan Ibu Baiq Arwindy Prayona, M.A dengan pihak SLBN 2 Lombok Barat yang menerima dengan tangan terbuka.

Kehadiran di SLBN 2 Lombok Barat ini diharapkan dapat memberikan dukungan tambahan bagi proses pengajaran, sekaligus menjadi pengalaman belajar berharga bagi kami mahasiswa PKL dan memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin untuk menambah wawasan dan keterampilan dalam dunia kerja. Mahasiswa PKL juga dapat belajar bagaimana menerapkan metode pengajaran yang berbeda sesuai dengan kebutuhan setiap siswa. Semoga pengalaman ini dapat menjadi bekal berharaga dalam meniti karier kami di masa depan.

Share This

Share this post with your friends!