Lombok Tengah – Kuliah Kerja Partisipatif (KKP) Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram di Desa Sukarara berpartisipasi dalam Festival Begawe Jelo Nyesek yang di adakan di Gedung Kesenian Desa Sukarara Sabtu (27/7/2024).

Festival Begawe Jelo Nyesek adalah sebuah Festival tahunan yang di adakan di Desa Sukarara, Festival ini menghadirkan 500 Penyesek yang berasal dari Desa Sukarara, Festival ini berlangsung meriah sekali, Festival ini juga dihadiri langsung oleh Bapak Wakil Bupati Lombok Tengah Dr. H. M. Nursiah, S.Sos., M.Si., Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat, Serta beberapa Camat Se-Kecamatan Jonggat.

Festival Begawe Jelo Nyesek berlangsung selama 2 Hari, Hari pertama menampilkan Ngendang (Tradisi Mencari Jodoh dalam Adat Sasak), Gandrung (Penampilan Alat Musik Tradisional) dan Nembang (Pembacaan Aksara Sasak Lombok). Kemudian hari kedua merupakan hari puncak dari Festival ini, acara berlangsung dari jam 8 Pagi sampai dengan menjelang sore, hari kedua menampilkan Gendang Beleq dan juga atraksi 500 Penyesek di sepanjang lokasi Festival berlangsung.

Sumber: https://radiosinfoni.com/2024/07/28/kkp-uin-mataram-hadiri-begawe-jelo-nyesek-sukarara/

Share This

Share this post with your friends!