Penjaminan mutu internal merupakan tombak perbaikan kualitas dari upaya yang telah dilakukan oleh setiap Lembaga, diataranya adalah Lembaga pendidikan seperti Perguruan Tinggi. Upaya evaluasi terkait dengan mutu internal tersebut dilaksanakan oleh Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) dan Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) secara kolektif pada Selasa, 16 Juli 2024 di Ruang Prodi KPI.

Lebh lanjut Dr. Najamuddin selaku Kaprodi KPI menerangkan terkait adanya rapat evaluasi mutu internal secara kolektif antara Prodi KPI dan PMI sebagai wujud penyelarasan dan perbandingan kualitas mutu dari proses yang telah dilakukan oleh dua prodi di bawah naungan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Mataram, baik dari sisi plus dan minusnya.

“Kita sebenarnya melakukan kolaborasi evaluasi mutu internal antara KPI dan PMI ini tujuannya sebagai studi perbandingan bahkan penyelarasan titik plus dan minus dari proses yang telah kami lakukan di prodi selama ini. Ini penting bagi kami di PMI dan KPI di bawah naungan FDIK UIN Mataram.” Terangnya.

Sementera itu Zaenudin Amrullah selaku Kaprodi PMI menerangkan hal yang sama, bahwa evaluasi mutu internal yang dilakukan semata-mata sebagai cara untuk menarik kesimpulan atas proses yang telah dilalui, bahkan kami rutin tiap semester melakukan evaluasi.

“Kegiatan evaluasi mutu internal ini semata-mata untuk menarik kesimpulan atas proses yang telah kami lakukan di prodi KPI dan PMI. Bahkan kami sering melakukan evaluasi mutu internal di tiap semester.”

Kualitas dan mutu internal akan sejalan dengan visi dan misi sebuah institusi dan Lembaga, khususnya Lembaga pendidikan.

Share This

Share this post with your friends!