Pelaksanaan penyusunan kurikulum berbasis Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) oleh Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam FDIK UIN Mataram pada Sabtu, 12 Mei 2022 di Ruang KPI Lantai 3 FDIK, Kamis (12/05/2022).
Pada agenda penyusunan kurikulum MBKM Prodi KPI dihadiri oleh mitra media dari Asosiasi Jurnalis Independen, dosen-dosen Prodi KPI dan para alumni KPI guna membangun kesamaan pemahaman akan kebutuhan keberlajutan pembelajaran yang adaptif di era 5.0.
Paparan dari salah satu pengurus AJI NTB Abdul Latif Apriaman menjelaskan bahwa media komunikasi setiap waktu selalu mengalami perubahan yang sangat signifikan. Tidak hanya perubahan pada fitur, tampilan namun juga frame angel berdasarkan sesuatu yang pada waktunya viral dengan rating pencarian yang tinggi. Artinya kemampuan Mahasiswa KPI harus betul-betul berada pada level adaptif-kolaboratif hingga kreatif-inovatif.
“Kalau melihat perkembangan media komunikasi maupun siaran tentu kita faham bahwa setiap waktu terus mengalami perubahan yang signifikan cepat. Bukan hanya pada perubahan fitur, tampilan namun juga pada frame angel sebuah peristiwa. Kita harus tahu objek yang lagi viral dengan rating pencarian tinggi. Oleh sebab itu kemapuan Mahasiswa KPI maupun alumninya di dibidang komunikasi dan penyiaran harus lebih pada arah adaptif-kolaboratif hingga kreatif-inovatif.” Ungkap jurnalis gondrong tersebut.
Disisi yang sama Syahril Halim selaku alumni KPI memiliki pandangan ternyata kebutuhan dan keterampilan dalam memahami media komunikasi siaran era kekinian begitu kompleks dan butuh kelahlian ekstra. Termasuk soal visualisasi maupun audio editing, karena ini berdasarkan kebutuhan kekinian. Mulai menjadi konten creator, MC, presenter, penyiar radio maupun voice over periklanan.
“Menurut saya adalah menjadi seorang komunikator dalam bidang siaran itu rumit akan kebutuhan yang serba harus berdasarkan keahlian cepat. Ini tentu wajib kita fahami dalam konteks siaran yang audio maupun visual. Mau jadi konten creator, MC acara, presenter TV, penyiar radio dan voice over periklanan harus memiliki kecakapan yang ekstra maksimal.” Ungkapnya.
Penyusunan kurikulum MBKM secara kolektif Bersama stake holders sebagai wujud penyerapan aspirasi tentang kebutuhan prodi KPI di masa yang akan datang.