Pembentukan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Mataram bermula dari pemandirian IAIN Sunan Ampel Cabang Mataram yakni pelepasan diri dari induknya IAIN Sunan Ampel Surabaya. Fakultas Dakwah saat itu dibentuk seiring tuntutan kemandirian institut cabang Sekolah Tinggi mandiri. Sesuai Keppres RI. Nomor 11 Tahun 1997, Fakultas Tarbiyah dan Fakultas Syariah IAIN Sunan Ampel Cabang Mataram berbenah dan berubah status menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Mataram. STAIN Mataram sejak saat itu memiliki tiga Fakultas yakni Fakultas Tarbiyah, Fakultas Syariah dan Fakultas baru ‘penyempurna syarat dan rukun’ yakni Fakultas Dakwah.

Setelah melewati sejarah yang rumit dan melelahkan-didukung oleh masyarakat NTB dari berbagai kalangan, antara lain Gubernur atas nama Pemda, Perguruan-perguruan Tinggi di NTB, tokoh-tokoh agama dan masyarakat, organisasi kemasyarakatan Islam dan lain-lain. Gagasan dan hasrat upaya Alih Status dari Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Mataram menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Mataram berhasil diwujudkan pada 19 Oktober 2004. Hal ini berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 91 Tahun 2004 dan diresmikan oleh Menteri Agama Republik Indonesia saat itu yakni Bapak K.H. Maftuh Basyuni pada hari Senin 11 Juli 2005. Dengan peningkatan status STAIN Mataram menjadi IAIN Mataram, maka Fakultas Dakwah juga berbenah dan berubah menjadi Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAIN Mataram.

Fakultas Dakwah IAIN Mataram saat itu memiliki dua Program Studi (Prodi.) yakni Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) dan Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI). Pada saat itu, Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAIN Mataram telah membuka Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam (BKI) yang telah di Visitasi oleh Team Visitasi dari Kementerian Agama Jakarta dan Kopertais Wilayah IV pada bulan April dan Agustus 2010. dan pada tahun 2015 Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAIN Mataram mendapatkan Izin Operasional Pembukaan Program Studi Sosiologi Agama (SA), Kemudian pada tahun 2016 Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAIN Mataram membuka program studi Pemikiran Politik Islam (PPI) dan Manajemen Dakwah sesuai SK Dirjen Pendidikan Islam No.  tentang izin operasional jurusan tersebut.

Seiring perkembangan waktu, Fakultas Dakwah dan Komunikasi berubah nama menjadi Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Mataram pada tahun 2016 sampai sekarang.

Seiring perkembangannya, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN mataram saat ini memiliki empat jurusan dengan kompetensinya masing-masing, yaitu:

  1. Komunikasi dan Penyiaran Islam (S1)
  2. Bimbingan Konseling Islam (S1)
  3. Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
  4. Manajemen Dakwah (S1)

Dalam usianya yang lebih dari seperempat abad, Fakultas Dakwah telah mengantarkan alumninya menjadi sarjana-sarjana yang dapat terserap di lembaga-lembaga pemerintah, perusahaan negara, perusahaan swasta maupun menjadi wiraswastawan mandiri. Di samping itu banyak juga di antara alumni yang sekarang bekerja di departemen-departemen pemerintah, Lembaga Asuransi, Dosen, Anggota Legistlatif, PNS, biro-biro konsultasi, LSM dan lain sebagainya.

Selengkapnya……